Bisa Sebabkan Keguguran, Hindari 5 Kebiasaan Ini Saat Hamil

Masa kehamilan merupakan masa di mana Anda harus menjaga kesehatan dan keselamatan diri dengan ekstra. Sedikit kesalahan dan kelalaian saja, dapat mengakibatkan kesehatan Anda dan janin yang sedang dikandung menjadi terganggu. Oleh karena itu, untuk dapat menjalani kehamilan yang sehat, hindari kebiasaan yang berisiko buruk bagi janin berikut ini. 

Kebiasaan Saat Hamil
 
1.    Mengonsumsi Makanan yang Membahayakan Janin
Pola makan Anda saat hamil, tentu jauh berbeda dengan pola makan saat Anda belum berbadan dua seperti sekarang. Ada beberapa makanan yang dilarang keras untuk dikonsumsi ibu hamil, karena dapat membahayakan nyawa bayi yang dikandungnya. Agar kehamilan Anda terjaga, mau tak mau Anda harus menghindari makanan tersebut, walaupun itu adalah favorit Anda. 
 
Makanan seperti telur, daging, dan ikan mentah, sama sekali tak disarankan untuk Anda konsumsi saat hamil. Telur mentah atau setengah matang berisiko mengandung Salmonella, daging mentah berisiko mengandung Toxoplasma dan ikan mentah berisiko mengandung merkuri. Bakteri dan zat tersebut bahkan dapat menyebabkan keracunan pada janin. 
 
2.     Olahraga Berat yang Menguras Energi
Melakukan latihan atau olahraga selama kehamilan tentu disarankan, namun jangan sampai olahraga tersebut menguras energi Anda. Selain dapat menyebabkan kelelahan, Anda bahkan berisiko tinggi mengalami pendarahan dan juga keguguran. Sebaiknya pilih jenis olahraga ringan saat sedang hamil, seperti jalan kaki di sekitar rumah, yoga, dan juga renang.   
 
3.    Hubungan Intim di Kondisi Kehamilan Tertentu
Hubungan intim saat hamil memang dibolehkan, namun tentu saja ada hal yang harus diperhatikan agar tak membahayakan Anda dan janin. Pilihlah gaya seks yang tetap membuat Anda nyaman, walau tengah berbadan dua. Namun, jika kebetulan Anda pernah keguguran atau sedang hamil anak kembar, sebaiknya hubungan intim ditunda dulu hingga melahirkan.

4.    Merokok
Rokok merupakan racun yang sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Racun dalam rokok bisa menyebabkan bayi lahir prematur, bahkan cacat tubuh. Jika Anda merupakan seorang perokok, segera tinggalkan kebiasaan ini demi kesehatan bayi Anda. Anda tentu tak mau kebiasaan buruk Anda, malah mengakibatkan hal buruk bagi buah hati Anda. 
 
5.    Mengonsumsi Alkohol
Sama dengan rokok, alkohol merupakan racun yang dapat membuat perkembangan janin Anda menjadi terhambat. Alkohol yang Anda konsumsi, akan diserap oleh janin lewat aliran darah yang menuju ke plasenta. Kadar alkohol yang sedikit saja diserap oleh janin, dapat mengakibatkannya lahir prematur dan cacat saat lahir nanti. 
 
Jika tak ingin terjadi sesuatu yang membahayakan bagi Anda dan janin, jalanilah pola hidup sehat. Jangan biarkan sedikit kelalaian Anda, membuat pertumbuhan janin yang sudah Anda tunggu kedatangannya menjadi terganggu. Agar janin berkembang dengan baik, perbanyak informasi tentang pola hidup sehat selama kehamilan dengan membaca magazine orami.co.id.

Posting Komentar

0 Komentar